Rabu, 30 Agustus 2017

Perbedaan Nyeri Akut dan Nyeri Kronis


Karakteristik
Nyeri Akut
Nyeri Kronis
Pengalaman

Suatu kejadian. Jika klien baru pertama kali mengalami episode nyeri, persepsi pertama tentang nyeri akan mengganggu mekanisme kopingnya. Setiap orang belajar dari pengalaman nyerinya. Akan tetapi, pengalaman nyeri sebelumnya tidak selalu membuat individu mampu menerima nyeri dengan mudah.

Suatu situasi, status eksistensi nyeri. Jika klien telah sering mengalami episode nyeri tanpa pernah sembuh atau klien mengalami nyeri yang berat, rasa cemas atau bahkan takut dapat muncul. Sebaliknya, jika klien pernah mengalami nyeri yang sama berulang-ulang dan ia berhasil mengatasinya, akan lebih mudah bagi klien untuk menginterpretasikan sensasi nyeri yang muncul. Dengan demikian, klien akan lebih siap untuk melakukan tindakan yang diperlukan guna menghilangkan nyeri.

Sumber

Sebab eksternal atau penyakit yang berasal dari dalam.

Sumber nyeri tidak diketahui; klien sukar menentukan sumber nyeri karena penginderaan nyeri yang sudah lebih dalam.

Serangan

Mendadak.

Bisa mendadak atau bertahap.

Durasi

Transien (sampai 6 bulan)

Beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Pernyataan nyeri

Daerah nyeri umumnya diketahui dengan pasti. Klien yang mengalmi nyeri ini sering kali merasa takut dan khawatir dan berharap nyeri dapat segera teratasi. Nyeri ini dapat hilang setelah area yang mengalami gangguan kembali pulih.

Daerah yang nyeri dan yang tidak, intensitasnya menjadi sukar di evaluasi. Klien yang mengalami nyeri ini kerap merasa tidak aman karena mereka tidak tahu apa yang mereka rasakan. Dari hari ke hari klien mengeluh mengalami keletihan, insomnia, anoreksia, depresi, putus asa, dan sulit mengontrol emosi.

Gejala klinis
Pola respons khas, dengan gejala yang lebih jelas.

Pola respons bervariasi. Terkadang klien bisa mengalami remisi (gejala hilang sebagian atau seluruhnya) dan eksaserbasi (gejala semakin parah)

Perjalanan

Penderita biasanya melaporkan berkurangnya gejala setelah beberapa waktu.

Berlangsung terus atau intermiten, intensitas bervariasi atau tetap konstan.

Prognosis
Baik dan mudah untuk dihilangkan.
Penyembuhan yang sempurna biasanya tidak mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar