Rabu, 30 Agustus 2017

Apa itu Nyeri ?


Nyeri adalah pengalaman sensori dan emosional tidak menyenangkan yang muncul akibat kerusakan jaringan actual atau potensial atau yang digambarkan sebagai kerusakan (Interpersonal association for the study of pain) yang tiba-tiba atau lambat dari intensitaas ringan hingga berat dengan akhir yang dapat diantisipasi atau diprediksi (Nanda, 2017). Nyeri juga dapat memenuhi pikiran seseorang, mengarahkan semua aktivitas dan mengubah kehidupan seseorang (Kozier, 2011).


Nyeri merupakan kondisi berupa perasaan tidak menyenangkan, bersifat sangat subjektif karena perasaan nyeri berbeda pada setiap orang dalam hal skala atau tingkatanya, dan hanya orang tersebutlah yang dapat menjelaskan atau mengevaluaso rasa nyeri yang dialaminya (Hidayat, 2016). Nyeri merupakan bentuk ketidaknyamanan, yang didefinisikan dalam berbagai perspektif (Andarmoyo, 2013). 


Sehingga dapat disimpulkan nyeri adalah pengalaman sensori dan emosional tidak menyenangkan bersifat subjektif karena perasaan nyeri berbeda pada setiap orang dalam hal skala atau tingkatannya dari intensitaas ringan hingga berat dengan akhir yang dapat diantisipasi atau diprediksi.

Sumber :


Kozier, Barbara. et.al. 2011.Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, & Praktik Edisi 7 Volume 2. EGC: Jakarta


Andarmoyo Sulistyo. 2013. Konsep dan Proses Keperawatan Nyeri. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar